Site icon Penyiar Radio Jack Blood dan Acara Radio di Acara Radio Amerika Serikat

6 Stasiun Radio Tertua Sepanjang Masa

6 Stasiun Radio Tertua Sepanjang Masa – Radio sudah tua. Lebih dari 100 tahun sebenarnya. Jadi lakukan perjalanan kembali ke masa lalu dengan 10 stasiun radio tertua yang masih kuat hingga saat ini.

6 Stasiun Radio Tertua Sepanjang Masa

deadlinelive – Dalam hal radio, hanya beberapa orang terpilih yang dapat mengklaim bahwa mereka ada di sana sejak awal. Dengan sejarah sepanjang Tembok Besar China dan reputasi kuat yang akan membuat grup LEGO iri, kami telah memilih 10 stasiun radio tertua terbaik sepanjang masa.

1. BBC

Pada tahun 1922, ada siaran BBC pertama yang datang dari Rumah Marconi di The Strand di London. Sebelumnya, kelompok penggemar radio yang dikenal sebagai ‘radio hams’ telah mengutak-atik sinyal radio – bereksperimen dengan seberapa jauh mereka dapat mengirim dan menerima sinyal.

‘Radio ham’ inilah yang memprotes ketika badan lisensi radio pada saat itu, The General Post Office, mencabut lisensi dari The Marconi Company pada tahun 1920. General Post Office tidak senang dengan The Marconi Company yang beralih dari kode morse dan masuk ke wilayah musik dan ucapan yang lebih menarik.

Perusahaan Marconi didirikan pada tahun 1897 oleh penemu Italia, Guglielmo Marconi. Marconi sendiri sebagian besar dianggap sebagai bapak radio, karena ia menciptakan teknologi awal yang memungkinkannya.

Baca Juga : Pembawa Acara Radio Kitchener Menjadi Viral di TikTok

Menyusul protes atas pelarangan perusahaan Marconi, Marconi dan sekelompok insinyur diberi lisensi sekali lagi oleh The General Post Office pada tahun 1922. Kali ini mereka diberi monopoli penyiaran di Inggris, dan mereka membentuk BBC – yang kemudian menjadi BBC. Perusahaan Penyiaran Inggris.

Hanya ketika British Broadcasting Company dinasionalisasi beberapa tahun kemudian, barulah menjadi seperti yang kita kenal sekarang, British Broadcasting Corporation. Saat ini ada banyak stasiun berbeda di bawah Radio BBC. Tapi pendengar bisa tahu apa yang mereka dengarkan adalah kelanjutan dari stasiun tertua di Inggris.

2.  WBZ

Pada tanggal 15 September 1921, WBZ adalah salah satu stasiun Amerika pertama yang mendapatkan lisensi stasiun radio komersial. WBZ disiarkan 3 hari kemudian dari East Springfield, Massachusetts. Namun, sinyalnya tidak dapat mencapai Boston, jadi studio Boston didirikan beberapa tahun kemudian dan mengarah ke stasiun baru, WBZA, sedang dibentuk.

Pada tahun 1927, ketika Komisi Radio Federal ditugaskan untuk mengatur stasiun radio, WBZA dan WBZ sebenarnya bertukar surat panggilankarena stasiun Boston dianggap lebih penting.

Jika kita mengabaikan pertukaran ini, WBZ adalah salah satu dari sedikit stasiun yang menyimpan surat panggilan yang sama sepanjang sejarah penyiarannya.

3.  KTCK

KTCK mengudara akhir-akhir ini sebagai stasiun olahraga komersial. Tapi bisa dibilang itu lebih merupakan warisan komunitas. Asal-usulnya terletak di Dallas, Texas setelah Perang Dunia ke-1. Sekelompok penggemar radio, dipelopori oleh Henry “Dad” Garrett, melihat peluang dalam mengembangkan teknologi radio untuk berkomunikasi dengan polisi dan pemadam kebakaran.

Pada tahun 1921, lisensi komersial terbatas diberikan, dengan surat panggilan WRR yang ditetapkan secara acak untuk komunikasi dengan unit Polisi dan Pemadam Kebakaran serta stasiun amatir lainnya. Pemrograman awal cukup bervariasi, mulai dari olahraga, “ceramah” dan buletin polisi. Namun pada tahun 70-an, KTCK berubah menjadi format semua berita. Ketika stasiun tersebut dibeli pada tahun 90-an, stasiun tersebut beralih ke semua stasiun olahraga “Tiket” yang disiarkan hari ini.

4. WAW

Seperti banyak stasiun radio dalam daftar ini, akar WEW terletak pada eksperimen radio di awal abad ke-20. Untuk WEW, seorang pegawai universitaslah yang menjadi bapak stasiun ini. Ahli meteorologi Universitas Saint Louis Brother George Rueppel menjelajahi radio sejak tahun 1912 untuk berbagi data dengan peneliti lain dan biro cuaca AS. Rueppel membentuk stasiun 9YK sebagai pusat eksperimen ini.

Pada waktunya,9YK berkembang menjadi WEWdengan Rueppel tetap memimpin teknis stasiun selama lebih dari 40 tahun. WEW masih dilisensikan ke Saint Louis University, Missouri.

5.  KDKA

Pittsburgh’s, KDKA, adalah stasiun Amerika pertama yang menerima lisensi komersial. Nyapembentukandapat dikaitkan dengan staf di Westinghouse Electric and Manufacturing Company. Wakil presiden Harry P. Davis, mengakui potensi radio dan insinyur, Frank Conrad telah sukses menyiarkan skor musik, olahraga, dan pembicaraan di radio ham.

Perusahaan memanfaatkan antusiasme Conrad dan minat Davis dan membangun gubuk kecil di atas gedung mereka, untuk disiarkan. Siaran pertama adalah Leo Rosenberg melaporkan pemilihan presiden Harding-Cox kembali pada tanggal 2 November 1920. Tepatnya, KDKA masih mengudara hari ini sebagai stasiun berita.

6.  WWJ

WWJ mirip dengan KDKA karena sekarang menjadi stasiun radio komersial berbasis berita yang dimiliki oleh Audacy, Inc. Dimulai sebagai 8MK, sebuah stasiun radio untuk siaran berita oleh Detroit News, dari Kantor Pusat surat kabar. Seperti banyak stasiun radio formatif, WWJ diciptakan sebagai hasil dari minat amatir pada transmisi radio – dan beberapa individu yang berpikiran maju memiliki pandangan jauh ke depan untuk melihat potensinya. Dalam hal ini, minat wakil presiden dan direktur pelaksana surat kabar tersebut, William E. Scripps pada siaran berita dipicu oleh hobi radio putranya.

Scripps mengkampanyekan dewan direksi untuk peralatan membangun stasiun radio, dan pada 31 Agustus 1920 8MK mengiklankan siaran di surat kabar dengan detail untuk operator radio. Ini berkat beberapa siaran percobaan yang sukses sebelumnya. Awalnya ditugaskan surat panggilan WBL. Namun saat pendengar kesulitan mendengar WBL dengan baik, surat panggilannya diubah menjadi WWJ.

Exit mobile version