Site icon Penyiar Radio Jack Blood dan Acara Radio di Acara Radio Amerika Serikat

Apa Yang Dilakukan Penyiar Radio dan Televisi

Apa Yang Dilakukan Penyiar Radio dan Televisi – Penyiar radio dan televisi melakukan berbagai tugas di dalam dan di luar udara. Mereka mengumumkan informasi program stasiun, seperti jadwal program dan jeda stasiun untuk iklan, atau informasi layanan publik, dan mereka memperkenalkan dan menutup program.

Apa Yang Dilakukan Penyiar Radio dan Televisi

deadlinelive – Penyiar membaca naskah yang sudah disiapkan atau membuat komentar ad-lib di udara saat mereka menyajikan berita, olahraga, cuaca, waktu, dan iklan. Jika naskah tertulis diperlukan, mereka dapat melakukan penelitian dan penulisan.

Penyiar juga mewawancarai tamu dan memoderasi panel atau diskusi. Beberapa memberikan komentar untuk penonton selama acara olahraga, di parade, dan pada kesempatan lain. Penyiar sering dikenal oleh pemirsa radio dan televisi dan dapat membuat penampilan promosi dan melakukan siaran jarak jauh untuk stasiun mereka.

Baca Juga : Awal Mula Siaran Radio Untuk Mengumumkan Hasil Pemilu

Penyiar di stasiun yang lebih kecil mungkin memiliki lebih banyak tugas off-air juga. Mereka dapat mengoperasikan papan kontrol, memantau pemancar, menjual waktu komersial kepada pengiklan, menyimpan log dari program harian stasiun, dan memproduksi iklan dan materi rekaman lainnya.

Di banyak stasiun radio, penyiar melakukan banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh editor dan teknisi siaran, seperti mengoperasikan papan kontrol, yang digunakan untuk menyiarkan program, iklan, dan pengumuman layanan masyarakat sesuai dengan jadwal stasiun. Penyiar radio dan televisi publik juga terlibat dalam upaya penggalangan dana stasiun.

Penyiar sering berpartisipasi dalam kegiatan komunitas. Penyiar olahraga, misalnya, dapat bertindak sebagai pembawa acara di jamuan makan klub olahraga atau mungkin menyapa pelanggan di pembukaan toko peralatan olahraga.

Penyiar radio yang sering menyiarkan musik disebut disc jockey (DJ). Beberapa DJ berspesialisasi dalam satu jenis musik, mengumumkan pilihan saat mereka menayangkannya. Kebanyakan DJ tidak memilih banyak musik yang mereka mainkan (walaupun dulu mereka sering melakukannya) sebagai gantinya, mereka mengikuti jadwal iklan, pembicaraan, dan musik yang diberikan kepada mereka oleh manajemen. Saat mengudara, DJ mengomentari musik, cuaca, dan lalu lintas. Mereka mungkin menerima permintaan dari pendengar, mewawancarai tamu, dan mengelola kontes pendengar. Banyak stasiun radio sekarang membutuhkan DJ untuk memperbarui situs Web stasiun mereka.

Beberapa DJ mengumumkan dan memainkan musik di klub, dansa, restoran, dan pernikahan. Mereka sering memiliki peralatan sendiri untuk memainkan musik. Banyak yang wiraswasta dan menyewakan layanan mereka berdasarkan pekerjaan demi pekerjaan.

Pembawa acara mungkin berspesialisasi dalam bidang minat tertentu, seperti politik, keuangan pribadi, olahraga, atau kesehatan. Mereka berkontribusi pada persiapan konten program, mewawancarai tamu, dan mendiskusikan masalah dengan pemirsa, pendengar, atau penonton studio.

Baca Juga : Apa yang Membuat Stasiun Radio Berhasil?

Penyiar sistem alamat publik memberikan informasi kepada penonton di olahraga, seni pertunjukan, dan acara lainnya.

Lingkungan kerja

Penyiar biasanya bekerja di studio dengan penerangan yang baik, ber-AC, dan kedap suara. Penyiar sering bekerja dalam jadwal yang ketat, yang dapat membuat stres secara fisik dan mental. Bagi banyak penyiar, imbalan yang tidak berwujud karya kreatif, banyak kontak pribadi, dan kepuasan dikenal luas—jauh lebih besar daripada kerugian dari jam kerja yang tidak teratur dan seringkali tidak terduga, tekanan kerja, dan kehidupan pribadi yang terganggu.

Hari siaran panjang untuk stasiun radio dan TV banyak yang mengudara 24 jam sehari—sehingga penyiar dapat berharap untuk bekerja pada jam yang tidak biasa. Banyak yang menyajikan pertunjukan pagi hari, ketika kebanyakan orang bersiap-siap untuk bekerja atau bepergian, sementara yang lain melakukan program larut malam. Pergeseran, bagaimanapun, tidak bervariasi seperti di masa lalu, karena teknologi baru telah memungkinkan stasiun untuk menghilangkan sebagian besar jam malam. Banyak penyiar bekerja paruh waktu.

Pendidikan & Pelatihan Diperlukan

Pelatihan resmi dalam pemancaran dari akademi besar ataupun sekolah metode amat bernilai. Program- program ini menyiapkan anak didik buat bertugas dengan perlengkapan pc serta fitur lunak yang bisa jadi tidak bisa mereka akses.

Di radio, banyak penyiar juga membutuhkan keterampilan mengedit situs Web. Adalah umum bagi penyiar untuk memiliki gelar sarjana dalam bidang seperti komunikasi, penyiaran, atau jurnalisme. Kursus sekolah menengah dan perguruan tinggi dalam bahasa Inggris, berbicara di depan umum, drama, bahasa asing, dan ilmu komputer sangat berharga, dan hobi seperti olahraga dan musik adalah aset tambahan.

Ada banyak program siaran yang tersedia dan mereka memiliki reputasi yang berbeda-beda. Individu yang mempertimbangkan untuk mendaftar di sekolah penyiaran harus menghubungi manajer personalia stasiun radio dan televisi, serta organisasi perdagangan penyiaran, untuk menentukan reputasi sekolah dalam menghasilkan kandidat terlatih yang sesuai.

Penyiar sering diminta untuk menyelesaikan pelatihan di tempat kerja jangka panjang. Hal ini dapat dicapai di fasilitas radio atau TV kampus dan di stasiun komersial sementara siswa melayani sebagai pekerja magang. Pengalaman kerja di perguruan tinggi atau sekolah tinggi radio atau stasiun TV sangat berharga. Seringkali, bahkan untuk posisi entry-level, karyawan perlu memiliki pengalaman, yang dapat diperoleh siswa di stasiun-stasiun ini.

Magang berbayar atau tidak berbayar juga memberi siswa pelatihan langsung dan kesempatan untuk menjalin kontak di industri. Magang yang tidak dibayar sering menerima kredit perguruan tinggi dan diizinkan untuk mengamati dan membantu karyawan stasiun. Pengalaman ini terkadang mengarah pada magang berbayar yang berharga karena pekerja magang dapat melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh karyawan tetap.

Setelah dipekerjakan oleh stasiun televisi, seorang karyawan biasanya memulai sebagai asisten produksi, peneliti, atau reporter dan diberi kesempatan untuk mengumumkan jika dia menunjukkan bakat untuk pekerjaan “siaran”. Peluang seorang pemula untuk mendapatkan pekerjaan on-air sangatlah kecil. Peluang terbaik untuk pekerjaan siaran bagi penyiar yang tidak berpengalaman mungkin sebagai pengganti penyiar yang sudah dikenal di stasiun radio kecil. Di radio, pendatang baru biasanya mulai merekam wawancara dan mengoperasikan peralatan.

Keterampilan Lain yang Diperlukan (Kualifikasi lainnya)

Penyiar wajib mempunyai suara yang mengasyikkan serta terkendali dengan bagus, durasi yang pas, artikulasi yang amat bagus, serta aturan bahasa yang betul. Program pemancaran akademi besar menawarkan bimbingan, semacam suara serta diksi, buat menolong anak didik tingkatkan mutu bunyi mereka.

Penyiar televisi juga membutuhkan penampilan yang rapi dan menyenangkan. Pengetahuan tentang teater, olahraga, musik, bisnis, politik, dan mata pelajaran lain yang mungkin tercakup dalam siaran meningkatkan peluang seseorang untuk sukses. Penyiar, terutama yang mencari karir radio, harus memiliki keterampilan teknologi informasi yang baik dan mampu menggunakan komputer, peralatan pengeditan, dan perangkat lain yang terkait dengan siaran karena kemajuan baru dalam teknologi telah menjadikan kemampuan ini penting.

Penyiar juga membutuhkan keterampilan menulis yang kuat, karena mereka biasanya menulis materi mereka sendiri. Tambahan, mereka harus dapat mengiklankan semua atau sebagian dari pertunjukan dan bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat. Penyiar paling sukses menarik banyak penonton dengan menggabungkan kepribadian dan suara yang menyenangkan dengan gaya yang menarik.

Exit mobile version